Header Ads

test

BELAJAR DARI PANDEMI COVID-19, UJIAN SEKOLAH SEMESTER GENAP JARAK JAUH

SMAN7LSM.ID, LHOKSEUMAWE, 4 Juni 2020 Berdasarkan surat instruksi PLT Gubernur Aceh Nomor 08 Tahun 2020 bahwa BDR untuk semua sekolah diperpanjang sampai dengan 20 Juni 2020.  Secara otomatis bahwa ujian akhir  semester genap harus dilakukan secara jarak jauh.  Ujian bisa dilaksanakan secara online/semi online dan bisa portofolio berupa penugasan. Mengingat kendala yang kita hadapi sangat variatif di lapangan maka mekanisme ujian diserahkan kepada guru untuk menyesuaikan dengan kondisi peserta didik. 

Saya percaya bahwa semua guru siap untuk melakukan ujian online tetapi berdasarkan amatan dan masukan dari guru dan stakeholder bahwa kendala berada di pihak siswa. Alasan klasik yang disampaikan tidak ada android dan tidak ada  paket data. Tetapi ironisnya paket untuk game ada. Jadi akar permasalahannya sangat kompleks ya kepedulian orang tua, kepedulian masyarakat dan semua stakeholder seharusnya peduli dengan nasib masa depan generasi bangsa ini.

Jadwal Ujian

Ujian dimulai tanggal 8 Juni 2020, Batas terakhir penyerahan nilai ke Pengajaran tanggal 16 Juni 2020, tanggal 17 Juni rapat dengan wali kelas, dan tanggal 18 Juni 2020 rapat pleno penentuan kenaikan kelas. Tanggal 20 Juni pembagian Rapor.  Teknis pembagian rapor akan diinformasikan kembali.

Rapat kenaikan kelas

Walau pun Belajar dari rumah sejak tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan tanggal 20 Juni 2020, kriteria kenaikan kelas tetap berlaku sebagaimana yang sudah dimuat di dalam Kurikulum Satuan Pendidikan atau Dokumen 1. Kriteria Perilaku, KKM, dan kehadiran sebelum Pandemi Covid-19. Untuk itu kepada guru dan wali kelas agar dapat melengkapi dan menunjukkan bukti fisik riwayat proses belajar siswa.

Rapat kenaikan kelas akan dilaksanakan secara virtual, maka untuk itu kepada semua guru harus siap dengan paket data dan perangkat pendukung.  Semoga usaha kita mencerdaskan anak bangsa selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT. dan semoga ilmu yang kita bagikan menjadi barokah. 

Harapan kepada peserta didik selaku generasi harapan Agama, Bangsa, Orang tua, dan harapan orang-orang yang di cintai. Janganlah mudah menyerah dalam menuntut ilmu. Jangan mengkambinghitamkan Covid-19. Bersyukurlah atas rahmat Allah bahwa anak-anakku sekalian, kalian berdomisili di daerah yang ada jaringan internet, masih bisa berkomunikasi dengan orang tua, guru dan teman. Tetapi masih banyak teman kalian di nusantara tercinta ini tidak mendapatkan akses internet. 

Anak-anakku yang dirahmati Allah, bersungguh-sungguhlah dalam belajar, tegakkan Integritas diri, jadi orang ulet, tekun dan gigih. Insha Allah sukses akan bersama kalian.

IKUTILAH PROTOKOLER PENCEGAHAN COVID-19 DALAM BERAKTIVITAS

1 komentar: