Header Ads

test

Siswa SMAN 7 Lhokseumawe Belajar Fisika Pakai SAC

 


Lhokseumawe – Siswa SMAN 7 Lhokseumawe belajar Fisika menggunakan bahan ajar berbasis Smart Apps Creator (SAC). Bahan ajar tersebut berupa video animasi yang dapat diakses melalui smartphone. Bahan ajar di convert dalam bentuk apk yang dapat diinstall di smartphone siswa.

 

Guru Fisika SMAN 7 Lhokseumawe, Jon Darmawan SPd MPd menjelaskan bahwa ide membuat bahan ajar berbasis SAC didapatkan setelah mengikuti pelatihan Fasilitasi SDM Terampil yang diselenggarakan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemdikbud secara daring.

 

“Ilmu yang saya peroleh kemudian saya aplikasikan pada pembelajaran Fisika di kelas saya. Melalui SAC saya dapat menggambarkan bagaimana praktikum Fisika yang dapat diakses siswa via Android masing-masing,” ujar Darmawan yang juga Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Lhokseumawe tersebut.


 

Dikatakan Darmawan bahwa visualisasi praktikum Fisika yang dipelajari siswa melalui Android semakin menambah wawasan siswa tentang materi Fisika yang dipelajari. Pada salah satu materi, tambah Darmawan, ia menerapkan praktikum Fisika berbasis inkuiri sehinga siswa seolah-olah menemukan sendiri konsep Fisika berdasarkan data praktikum.

 

“Pada bahan ajar tersebut juga dapat kita desain latihan atau tes yang akan dikerjakan siswa. Hasil tes tersebut nantinya akan direkapitulasi dalam bentuk nilai secara otomatis oleh SAC,” pungkas Darmawan.

 

Darmawan berharap agar bahan ajar yang diberikan kepada siswa mampu menambah motivasi sehingga kompetensi atau konsep Fisika yang dipelajari dapat dipahami dnegan mudah. (*)

Tidak ada komentar