Header Ads

test

TEBARKAN SALAM BAHAGIAN DARI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

SMAN7LSM.SCH.ID, LHOKSEUMAWE, 17 Juli 2020, Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh, Ucapan yang ringan berganda pahala, yaitu memberi salam. Mengucapkan salam sunnah dan menjawab salam hukumnya wajib.

Dari Ali bin Abi Thalib, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sudah mencukupi untuk suatu rombongan jika melewati seseorang, salah satu darinya mengucapkan salam.” (HR. Ahmad dan Baihaqi)


Jika kita mengucapkan salam Assalamualaikum, Allah berikan 10 kebaikan;

Jika kita mengucapkan salam Assalamualaikum Warahmatullahi, Allah berikan 20 kebaikan;

Jika kita mengucapkan salam Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh, Allah berikan 30 kebaikan.


Begitu besar gandaan pahala yang kita dapat dari ucapan yang paling ringan. Tapi mengapa banyak orang enggan mengucapkan salam. 

Mengucapkan salam ketika berjumpa dengan orang lain, orang berjalan memberi salam kepada yang duduk, atau sesama pejalan. 


Karena begitu besar kebaikan dalam mengucapkan salam, saya mengajak kita semua guru, Tendik, siswa dan semua warga sekolah mari kita tebarkan salam dan jadikanlah sebagai amalan kita sehari-hari.

Uacapkanlah salam kepada sesama dan kepada orang lagi duduk jika kita berdiri, kepada yang berdiri jika kita berjalan, dan sesuai kan saja, yang jangan, kita enggan memberi salam karena khawatir tidak dijawab atau didengar. Sering kita dengar datang nampak muka dsb pulang nampak punggung, artinya apa memberi salam di kedatangan dan kepulangan merupakan bentuk mohon izin juga kepada sesama bahwa kita pergi dari hadapan teman-teman. 

Rasulullah bersabda, “Hendaknya orang yang berkendaraan memberi salam kepada yang berjalan. Yang berjalan kepada yang duduk yang sedikit kepada yang banyak.” (HR. Bukhari dan Muslim). (Dalam lafazh Bukhari, “Hendaklah yang muda kepada yag lebih tua.”)

Mengucapkan salam yang utama, bukan bersalaman, 

Kita sering terabaikan yang lebih utama, dibandingkan bersalaman, sering lupa bahwa dosa bersalaman dengan lawan jenis jika bukan muhgrim.


Budayalah salam, karena salam merupakan doa, dan do'a bagian dari ibadah. Mari tebarkan salam, karena salam merupakan sunnah Rasulullah a’laihi wa sallam.

Mari kita budaya kan salam, karena salam bisa memperkuat silaturrahim. Bisa menjalin ukhuwah dan menambah persaudaraan, di mana saja, lingkungan kerja, lingkungan tempat tinggal dan dalam Keluarga.








Tidak ada komentar