Header Ads

test

INDAHNYA BERKREASI DENGAN SAMPAH


C:\Users\User\Documents\seni budaya\WhatsApp Image 2020-09-10 at 04.01.24.jpg


SMAN7LSM.SCH.ID, LHOKSEUMAWE, 14 September 2020. Sebagai guru seni budaya di SMA Negeri 7 Lhokseumawe ingin berkreasi tentang limbah plastik. Limbah plastik selama ini merupakan sesuatu yang tidak ada gunanya. Namun dengan niat dan kreatifitas, limbah dapat direduksi dan diolah menjadi sesuatu yang berguna.

Seni merupakan kreativitas manusia dalam mewujudkan objek yang bernilai estetika dan dapat menggugah bagi yang melihatnya melalui visualisasi manusia itu sendiri, oleh karena itu dapat dikatakan bahwa seni tidak terlepas dari kehidupan manusia. Demi mencapai sebuah tujuan, usaha merupakan modal terpenting dalam dunia seni dapat diwujudkan melalui kreatifitas untuk mencapai sebuah terobosan (inovasi) yang merupakan desain-desain alternatif dengan mengembangkan beberapa jenis bahan dan juga dilengkapi dengan hiasan baik berupa penerapan ornamen ataupun kombinasi warna yang dikreasikan sehingga mampu menciptakan sebuah karya yang diperhitungkan dalam dunia seni.

Seorang kriyawan harus mampu menciptakan produk-produk dengan desain yang baru, maka dari itu yang dibutuhkan adalah pemikir-pemikir yang baru dan kreatif serta berkualitas. Berdasarkan hal tersebut maka timbul keinginan untuk membuat salah satu karya yang bersumber dari sampah sebagai penghias interior dan eksterior.

Lihat disekeliling kita, begitu banyak sampah bertebaran dimana-mana. Dengan sedikit kreatifitas, sampah yang terbuang menjadi barang yang indah, dari barang yang menjijikkan menjadi barang yang menjanjikan, dari sampah menjadi berkah dan penyejuk mata bagi yang melihatnya. Salah satunya dengan membuat tanaman anggrek ini. Tanaman anggrek dari sampah plastik? Kenapa tidak? Hasilnya pun tampak cantik dan unik. Tidak percaya? 

Disini akan kita bahas tentang pembuatan bunga anggrek dari sampah plastik dikupas mulai yang sederhana baik dari bahan baku, peralatan maupun cara membuatnya. 

  1. Bahan 

C:\Users\User\Documents\seni budaya\WhatsApp Image 2020-09-10 at 04.01.25.jpg

Plastik kresek, tisu, benang dan lem batang

  1. Alat 


C:\Users\User\Documents\seni budaya\WhatsApp Image 2020-09-10 at 04.01.24 (1).jpg


Setrika, gunting, glue gun

  1. Proses pembuatan

  • Gunting plastik atas dan bawah menjadi persegi empat

  • Gosok plastik dengan temperatur sedang yang pasti gunakan alas kertas HVS y

  • Bentuk motif kelopak bunga anggrek pada lembaran plastik yg sudah digosok 

  • Bentuk juga daun angreknya pada lembaran plastik warna hijau

  • Bentuk putik dari plastik hijau yg diisikan tisu lalu ikat dengan benang pada kawat

  • Balut kawat dengan plastik hijau sebagai batang

  • Rangkai kelopak anggrek dengan putiknya

  • Lalu susun dan balut lagi kawat yang sudah dirangkai dengan kelopak angreknya lakukan sampai beberapa tangkai bunga, bagian batang bawah pasang beberapa daun nya menggunakan lem batang pada kawat  .

  • Kemudian rangkai bunga didalam pot plastik dengan menggunakan busa penahan dan diberikan potongan-potongan plastik sebagai rumput





Tidak ada komentar