Header Ads

test

PENGUATAN LITERASI DIGITAL BAGI GURU MELALUI MGMP KOTA LHOKSEUMAWE

SMAN7LSM.SCH.ID, LHOKSEUMAWE, sebanyak 21 Guru SMA Negeri 7 Lhokseumawe dari 10 Mata pelajaran  mengikuti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kota Lhokseumawe. Kegiatan tersebut berlangsung selama 6 hari yang dilaksanakan di beberapa sekolah Kota Lhokseumawe. Kegiatan rutinitas dari Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Lhokseumawe bertujuan meningkatkan kompetensi guru. Peserta paling banyak satu kelas 15 orang dengan tetap mematuhi Protokol kesehatan.


Musibah pandemi Covid-19 menyebabkan peserta didik belajar di rumah atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Untuk itu materi MGMP tahun ini lebih banyak membahas dan berlatih pemanfaatan teknologi digital.   Guru zaman now  aplikasi pembelajaran wajib dikuasai oleh guru. Tidak bisa guru menjangkau anak didiknya tanpa perantara aplikasi pembelajaran yang relevan dengan kondisi sekarang. 

Aplikasi pembelajaran yang digunakan bisa video power point, video animasi, video conference, google classroom, microsoft 365, Zoom dan lainnya. Kami mengamati semua kelas MGMP membahas bagaimana meningkat literasi digital. Meskipun ada kendala dari celoteh teman-teman Peserta MGMP baik susah login dan download atau lelet. Ada yang lama nyambung logikanya, maklum selama ini jarang dipakai ya wajar lambat semua. Tapi yakinlah jika sudah sering digunakan akan menjadi lancar. 

Manfaat dari berbagai aplikasi sama saja salah satunya memberi kemudahan kepada pengguna, banyak sekali pekerjaan yang bisa disederhanakan dengan menggunakan aplikasi. Menyusun RPP, Memindahkan soal dari word ke google form untuk soal uji, mengolah nilai, survey dan umpan balik serta mengolah nilai. Untuk memudahkan semua itu ada satu hal yang perlu dijalankan yaitu "Keaslian" jangan copy paste, karena copy paste itu repot ketika kita mau edit. Jika hasil karya sendiri mudah untuk edit kapan saja.


Kita berharap MGMP Kota Lhokseumawe terus berkesinambungan dan berdampak bagi Pembelajaran baik daring maupun tatap muka.

GURU KRITIS, KREATIF, KOLABORATIF DAN KOMUNIKATIF YANG DAOAT MENGANTARKAN SISWA MENUJU GENERASI EMAS TAHUN 2045

Demikian, semoga bermanfaat…



1 komentar: