Header Ads

test

Gerakan Pramuka SMA N 7 Lhokseumawe Mengikuti Kompetisi Tunas Remaja


SMAN7LSM.SCH.ID, Lhokseumawe, Perkemahan kompetisi Tunas Remaja merupakan acara rutinitas setiap tahun yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Kota Lhokseumawe. Hari ini Sabtu, 18 Desember 2021 saya melepaskan gerakan pramuka gugus depan 02-001 dan 02-002 SMA Negeri 7 Lhokseumawe untuk berkompetisi dan bersenang-senang di Bumi Perkemahan Arun Lhokseumawe. 

Pramuka yang pertama sekali diprakarsai oleh Robert dari Inggris sehingga berkembang di seluruh dunia, bahkan di Indonesia pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib di sekolah. Pramuka memiliki sifat secara Nasional di mana di penyelenggaraan kepanduan di suatu negara harus menyesuaikan pendidikannya dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Bersifat Internasional, organisasi kepramukaan harus membina dan mengembangkan  rasa persaudaraan di negara manapun di dunia, persahabatan antara sesama Pandu dan sesama manusia tanpa membedakan kepercayaan/agama, golongan, tingkat, suku dan bangsa. Bersifat Universal, dengan selalu menggunakan prinsip Dasar dan Metode Kepanduan dapat mendidik anak-anak dari bangsa apa saja. 


Pramuka yang diperingati setiap tanggal 22 Februari secara dunia dan bertepatan dengan lahirnya Robert Baden, sedangkan hari Pramuka Nasional diperingati setiap tanggal 14 Agustus memiliki beberapa fungsi:

1. Pramuka sebagai kegiatan yang menarik bagi anak atau pemuda, kegiatan yang menyenangkan dan mengandung ilmu. Walaupun bersenang-senang tetapi harus mempunyai tujuan dan aturan main. Jadi tidak sekedar hiburan saja. 

2. Pramuka sebagai Pengabdian bagi Orang Dewasa, Pramuka bagi orang dewasa bukanlah sebagai permainan, melainkan kerja nyata dalam pengabdian, untuk itu perlu keikhlasan dan kerelaan. Kewajiban bagi orang dewasa membaktikan dirinya secara sukarela untuk mencapai tujuan organisasi. 

3. Pramuka sebagai alat bagi masyarakat dan organisasi, dititik beratkan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan pencapaian tujuan organisasi. Bentuk kegiatan bisa berupa pelatihan. 

Kepada anggota pramuka gugus depan SMA Negeri 7 Lhokseumawe, selamat berkompetisi dalam berbagai mata lomba, berusahalah yang terbaik dan jangan pernah melalaikan shalat.  

"SMA Negeri 7 Lhokseumawe Bersama Kita Bisa"


1 komentar: