Header Ads

test

POLISI SAWEU SIKULA SEBAGAI MITRA SEKOLAH

SMAN7LSM.SCH.ID,Lhokseumawe, 24 November 2020. Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan Polisi Saweu Sikula, apakah kegiatan tersebut bermanfaat atau tidak. Fokus dari kegiatan tersebut adalah Meningkatkan kesadaran siswa agar terhindar dari penggunaan narkoba, Kenakalan Remaja, Tertib Lalu Lintas. Polisi safari sikula diawali dengan MOU antara Dinas Pendidikan Aceh dengan Polisi Daerah Aceh.


Program polisi saweu sikula sudah berjalan selama 10 tahun, yang perlu  dievaluasi apakah pola dan strategi sudah tepat. Apakah materinya sudah relevan, dan frekuensi kunjungan sudah memadai. Pak Zakaria dari Polda Aceh yang didampingi oleh Kacabdisdik wilayah Kota Lhokseumawe Drs.Anwar,M.Pd mengatakan Polisi saweu sikula lebih kepada penguatan pendidikan karakter peserta didik. Zakaria melanjutkan bahwa bentuk kegiatan Polisi Saweu sikula harus ada inovasi. Inovasi dimaksud termasuk waktu dan cakupan materi dalam penyampaian.

Polisi sebagai mitra sekolah, banyak hal terutama pembinaan karakter peserta didik yang bisa dikemas dalam program polisi saweu sikula. MKKS SMA dan MKKS SMK menyatakan positif program Polisi  saweu sikula. Harapan bisa berlanjut, dengan format dan pola yang inovasi, apakah ditambah dengan pembekalan pengurus OSIS dengan frekuensi enam bulan sekali. Materi pencerahan diawal tahun pelajaran dengan materi syarat dan ketentuan serta persiapan apa yang dilakukan oleh siswa calon Polisi.


Acara tersebut berlangsung di Kantor Cabang  Dinas Pendidikan Wilayah Kota Lhokseumawe, yang dihadiri oleh MKKS dan perwakilan SMA/SMK. Kacabdisdik Wilayah Kota Lhokseumawe Drs.Anwar,M.Pd. menguatkan bahwa program polisi saweu sikula bisa berlanjut dan kepala sekolah harus mendukung program tersebut.  Pembinaan karakter harus dilakukan bersama-bersama, Sekolah, orang tua, pemerintah dan masyarakat. Fenomena yang kita saksikan pada peserta didik, banyak peserta didik yang menghabiskan waktunya di cafe dengan dalih belajar daring. Setiap sekolah ada kelompok pelopor dari siswa yang mendapatkan pencerahan dari Satuan Bimbingan Masyarakat Polda/Polres, demikian harapan Anwar.



Tidak ada komentar