Header Ads

test

USBK, Bahkan Siswa Dapat Menjawab Soal Menggunakan Android

 


Lhokseumawe - SMAN 7 Lhokseumawe menggelar Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK). Ujian ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XII. Ujian ini sangat menentukan kelulusan siswa. USBK berlangsung pada tanggal 1 - 10 April 2021 di gedung SMAN 7 Lhokseumawe.

Kepala SMAN 7 Lhokseumawe, Drs Mukhtaruddin MPd menjelaskan bahwa USBK di sekolah tersebut menggunakan platform Microsoft Office 365. Platform tersebut, tambah Mukhtaruddin, sudah dideploy melalui website sekolah sehingga sleuruh fasilitas Microsoft dapat dimanfaatkan.

"Guru membuat soal di Microsoft Form dan menugaskan melalui Microsoft Teams. Soal hanya dapat diakses sesuai dengan roster ujian," ujar Mukhatruddin.



Dikatakan Mukhtaruddin bahwa melalui sistem tersebut, siswa dapat mengerjakan soal USBK menggunakan Android atau sistem smartphone lainnya. Sistem ini juga, sebut Mukhtaruddin, dapat menugaskan soal berbentuk uraian atau model lainnya selain pilihan ganda.

"Setiap mata pelajaran terdapat soal uraian. Sistem ini ternyata mampu mengakomodir soal berbentuk uraian dan bahkan jenis-jenis soal lainnya. Siswa yang tidak memiliki Android dapat mengikuti USBK di laboratorium komputer," tutur Mukhtaruddin.

Lebih lanjut Mukhtaruddin menegaskan bahwa SMAN7 Lhokseumawe sedang berbenah diri menuju sekolah digital. Hal itu dilakukan untuk mengurangi penggunaan kertas. Beberapa hal yang sudah berbentuk digital adalah pembelajaran berbasis digital, e-arsip, pemilihan ketua OSIS berbasis digital, ujian berbasis digital, dan pustaka digital. (*)

Tidak ada komentar