Header Ads

test

Pengenalan dan Pengembangan Soal Setara AKM Bagi Guru

 


SMAN7LSM.SCH,ID, Asesmen Nasional akan dilaksanakan pada bulan September 2021. Walaupun sekolah tidak perlu ada persiapan yang berlebihan karena tidak berdampak pada program sekolah lainnya. Asesmen Nasional untuk memetakan mutu pendidikan. Asesmen Nasional bukan pengganti UN, tetapi lebih kepada mengukur  sekolah bukan individual siswa. Asesmen Nasional mengukur Asesmen Kompetensi Minimum Literasi dan Numerasi, Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar.  Asesmen Nasional tidak hanya siswa yang diuji tetapi guru dan kepala sekolah juga mendapat bagian. Inilah salah satu alasan bahwa AN bukan pengganti UN. Asesmen Nasional sebagai pemetaan mutu Pendidikan, bidang mana yang lemah akan dibina dan ditingkatkan melalui program peningkatan mutu. AKM akan diuji pada 45 orang siswa kelas XI. 


Untuk suksesnya AN maka sosialisasi perlu dilakukan dikalangan guru, siswa dan stakeholder. SMA Negeri 7 Lhokseumawe sudah melakukan sosialisasi  tahap awal kepada guru dan siswa. Kali ini kami memberikan pendalaman seputar AKM. Acara yang kami kemas dengan "Pengenalan dan Pengembangan Soal Setara AKM Bagi Guru". dengan nara sumber Jhon Abdi, S.Pd., M.Pd. dari Bandar Aceh. 

Jhon Abdi, M.Pd. salah seorang fasilitator Direktorat SMA mengatakan Asesmen Kompetensi Minimum tidak hanya mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika saja. AKM menjadi tanggung jawab semua guru, bukan guru Matematika dan guru Bahasa Indonesia. Kepala SMA Negeri 7 Lhokseumawe, Drs. Mukhtaruddin, M.Pd. dalam sambutan dan sekaligus membuka acara pelatihan mengajak kepada seluruh guru agar dapat berpartisipasi penuh, mengingat materinya sangat penting. Demikian semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar