Header Ads

test

SMA Negeri 7 Lhokseumawe Berlakukan Absen Online



SMAN7LSM.SCH.ID, LHOKSEUMAWE, Daftar hadir online dalam kondisi kekinian di rasa perlu bagi sebuah lembaga karena bisa memudahkan pengarsipan. Akurasi data yang terekam mencapai 100% jika tidak ada gangguan sistem. Absen online sebuah aplilkasi tersendiri yang dirancang khusus untuk memudahkan akses bagi pengguna dan pelaporan. SMA Negeri 7 Lhokseumawe sudah memulai absen online bagi Guru dan Tendik. Absen online SMA Negeri 7 Lhokseumawe di design oleh OLG Indonesia sebagai mitra. Kami mempercayakan pengembangan digital yang dimulai dengan membuat Website sekolah www.sman7lsm.sch.id dan terus kita lakukan pengembangan bersama OLG Indonesia.

Absensi SMA Negeri 7 Lhokseumawe di design sedemikian rupa memungkinkan untuk tambahan menu lainnya, bahkan bisa permohonan cuti, pemberitahuan tidak hadir dan menu lainnya seperti berita dan jualan. Setelah mengalami uci coba beberapa bulan kali ini dan akan diberlakukan efektifnya bulan September 2021, maka perlu adanya pencerahan dan mentoring dari pihak pengembang. Acara mentoring berlangsung di Kantor Dewan Guru pada tanggal 4 Agustus 2021 yang dihadiri langsung oleh Direktur PT.OLG Muhammad Nasir sekaligus sebagai pemateri. Muhammad Nasir mengatakan bahwa Absensi berlaku di area sekolah, jika absen dilakukan ditempat lain akan nampak dalam riwayat kehadiran guru dan Tendik. Kepala sekolah bisa memantau riwayat bapak ibu kapan dan di area mana mengisi absensi. Dalam pengembangnya kedepan bisa dikirim bukti fisik berupa foto jika diperlukan. Untuk merekap data absen dan menerima keluhan pengguna maka ditunjuk satu orang admin dalam hal ini yang betanggung jawab adalah Anniza Vonna, S.Pd.  

 
      Admin Absen mendapatkan tutorial dalam pengelolaan Absen

Kepala SMA Negeri 7 Lhokseumawe Drs.Mukhtaruddin,M.Pd menerangkan bahwa absen online bukan sekedar keren tapi suatu program pendukung manajerial, sehingga support dengan program  yang sudah lonching di SMA Negeri 7 Lhokseumawe. SMA Negeri 7 Lhokseumawe sedang memulai untuk  menuju sekolah digital. Membangun sekolah digital butuh proses karena banyak hal yang harus disiapkan. Kondisi hari ini SMA Negeri 7 Lhokseumawe bisa dikategorikan berada pada fase digital 2.0, jadi untuk menuju Digital 4.0 tidak mudah. Sekolah digital adalah sekolah yang sudah menerapkan sistem manajemen  digitalisasi baik Administrasi maupun Pembelajaran.

Program digital yang sudah berjalan di SMA Negeri 7 Lhokseumawe masih pada Administrasi:

1. Website https://www.sman7lsm.sch.id,

2. Pelayanan Perpustakaan berbasis internet dengan Aplikasi SLIM;

3. Pustaka digital: https://pustaka.sman7lsm.sch.id;

4. Elektronic Rapor;

5. Ujian siswa berbasis android dan komputer;

6. Proses Belajar Mengajar Menggunakan Micosoft dan Google form;

7. Pemilihan Pengurus OSIS berbasis Komputer;

 Kami mengharapkan mitra setia OLG Indonesia melalui aplikasi absensi dapat dikembangkan menu:

1. Transasksi Koperasi baik konsumen maupun Penjualan barang;

2. Transaksi keuangan semacam Mini bank (Laboratorium IPS);

3. Pengendalian barang baik inventaris maupun habis pakai sperti ATK dan lainnya.  

Terimakasih kepada Tgk.Muhammad Nasir yang tidak pernah bosannya untuk mengunjungi SMA Negeri 7 Lhokseumawe dalam rangka memuluskan digitalisasi. Harapan semoga SMA Negeri 7 Lhokseumawe dapat berkembang bersama OLG Indonesia khususnya dalam pemanfaatan teknologi digital.

 “OLG INDONESIA SEBAGAI MITRA SUKSES SMA NEGERI 7 LHOKSEUMAWE”

 

1 komentar:

  1. goodjob Kedepan SMA Neg.7 Semakin kreatif dan inovatif, Kepsek yang luar biasa

    BalasHapus