Header Ads

Indahnya Berbagi Di Hari Qurban

SMAN7LSM.SCH.ID, Lhokseumawe, Berqurban merupakan sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Setiap tahun pada  10,11,12, atau 13 Dzulhijjah disunnahkan berqurban bagi yang mampu. Ukuran mampu jika seseorang setelah membeli hewan Qurban, ada sisa rezeki yang cukup untuk menghidupi keluarganya sampai dengan 13 Dzulhijjah. 

Indahnya berbagi di hari Qurban, Berqurban tidak hanya seumur hidup sekali tetapi setiap tahun bagi yang mampu. Setiap kali berqurban pasti kita mengingat perjalanan hidup Nabi Ibrahim yang penuh ujian. Allah yang Maha Kuasa memberi cobaan kepada Nabi Ibrahim AS. Ujian Pertama Nabi Ibrahim, Ayahnda Nabi Ibrahim yaitu Azar di kenal sebagai pembuat patung hebat di zamannya dan orang kepercayaan Namrud. Nabi Ibrahim ditolak dakwah oleh ayahnya, ayahnya  tidak mau beriman kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, dan bahkan Nabi Ibrahim diusir oleh ayahnya. 

Nabi Ibrahim yang lahir di Babilonia(Irak) mendapat ujian yang kedua bahwa pihak Kerajaan dan rakyat membenci Nabi Ibrahim, sehingga Ibrahim dibakar hidup-hidup. Dengan kuasa Allah Nabi Ibrahim dalam api yang membara terasa dingin, tidak satu helai rambut pun terbakar. 

Ujian yang ketiga, Nabi Ibrahim di usia yang ke lenih kurang 80 tahun baru dikarunia momongan dari Siti Hajar isteri kedua, sedangkan isteri pertama Sarah belum ada momongan. Anak semata wayang Ismail yang berumur 13 Tahun, Nabi Ibrahim mendapat perintah dari Allah untuk disembelih. Itulah dasar berkurban yang menjadi sunnah bagi kita. 

Betapa besar pengorbanan Nabi Ibrahim dalam berdakwah, kiranya menjadi pelajaran yang berharga bagi kita umat Nabi Muhammad.  

SMA Negeri 7 Lhokseumawe pada Hati Raya Idul Adha 1442 H. menyembelih 3 hewan Qurban. Daging qurban dibagi kepada siswa yang kurang mampu dan lingkungan sekitar sekolah. Semoga qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Sebagaimana diterimaNya qurban Habil dan jangan ditolak seperti qurbannya Qabil. Kisah ini Allah abadikan dalam QS:Al-Maidah ayat 27.

Terimakasih kami ucapkan kepada panitia yang telah bekerja keras mulai dari pencarian hewan qurban sampai penyembelihan. Semoga menjadi amal ibadah di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Lengkapnya Sejarah dan dakwah Nabi Ibrahim dapat dibaca dalam Al-Quran:

1. Surah Al-Baqarah/2: 124-132; 

2. Surah Al-An’am/6: 74-83; 

3. Surah Ibrahim/14: 35-41; 

4. Surah An-Nahl/16: 120-123; 

5. Surah Maryam/19: 41-48; 

6. Surah Al-Anbiya’/21: 51-73; 

7. Surah Asy-Syu’ara/26: 69-89; 

8. Surah Ash-Shaffat/37: 83-110; dan 

9. Surah Al-Mumtahanah/60: 4-6.

Tidak ada komentar