Header Ads

test

AYO MENULIS

SMAN7LSM.SCH.ID, LHOKSEUMAWE, 8 Agustus 2020. Membaca dan menulis adalah literasi dasar bagi setiap orang. Membaca dan menulis merupakan hubungan bi implikasi, seperti dua sisi mata uang. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman menulis. 


Apakah menulis itu susah? Jawaban kebanyakan orang ya, tetapi saya yakin bagi seorang guru menulis itu bukan persoalan yang sulit, karena  pada diri guru melekat kecerdasan dasar yaitu menulis dan membaca. Tidak mungkin seseorang bisa menulis tanpa membaca, Guru yang selalu membaca kemudian apa yang dibaca dituangkan ke dalam tulisan setelah ada analisa dan kajian terlebih dahulu. Menulis kembali apa yang dibaca tentunya dengan gaya bahasa sendiri dengan tidak menghilangkan substansi yang terkandung di dalam bahan bacaan.


Produk yang wajib dihasilkan guru berupa RPP dan bahan ajar serta bahan evaluasi. Produk tersebut bisa dijadikan sebagai artikel dan dapat diposting di WEB sekolah dengan syarat belum pernah dimuat di WEB Lain atau publishing medsos.


Bahan tulisan lainnya berupa jurnal Proses belajar mengajar di kelas. Apakah kejadian harian, mingguan atau bulanan, semua pengalaman tersebut  bisa dijadikan tulisan yang menarik. Pengalaman menangani kasus anak yang sangat variatif bisa dijadikan tulisan yang menarik dan berfaedah bagi orang lain. Banyak sekali hal-hal yang seharusnya didokumentasikan tetapi hilang begitu saja tanpa jejak. Padahal tulisan tersebut sangat bernilai. Mari kita menulis di halaman kita sendiri, kalau selama ini kita banyak celoteh dan menulis di medsos, pindah saja alamat nya kita menulis di Web Sekolah.

Web sekolah merupakan kebun kita dan pelarangan kita sendiri, mari kita isi dengan artikel yang bermanfaat.

Topik apa saja yang bisa ditulis:

1. Perangkat pembelajaran;

2. Penyelesaian kasus siswa;

3. Pengalaman sebagai wali kelas;

4. Pengalaman sebagai ketua panitia/tim. 

    misal;

5. Pengalaman sebagai BP;

6. Pengalaman sebagai wakil;

7. Pengalaman proses pembelajaran;

8. Pengalaman BDR suka dan duka;

9. Penguatan pendidikan karakter;

10.Pengalaman sebagai pengelola 

     perpustakaan dan Lab;

11. Pengalaman sebagai Ka.Tu, sebagai

      Bendahara, sebagai Operator;

12. Serial kehidupan, kisah hidup orang 

      lain atau kultur masyarakat;

13. Menulis puisi dan cerpen.

Banyak sekali yang bisa ditulis, "Ayo kita baca lalu menulis, dan baca kembali".

Ayo sahabat guru kita menulis, tulis saja, yang penting ori tidak copy paste dan ada referensi. 

Saya yakin dan percaya semua kita bisa menulis, coba saja. Hasilnya bisa dikirim ke kami untuk diposting pada Web sekolah www.sman7lsm.sch.id









1 komentar:

  1. Menulis merupakan aktivitas mwntal yg perlu dikembangkan. Sebagai seorg guru kegiatan menulis menjadi bagian penting dalam menunjang tugas di lapangan..

    BalasHapus