Header Ads

test

Praktikum Fisika Jarak Jauh

 


Lhokseumawe - Zona Covid-19 untuk Kota Lhokseumawe yang belum berubah membuat pembelajaran di sekolah masih berlangsung dalam suasana Belajar dari Rumah (BDR). Kondisi ini disikapi oleh SMAN 7 Lhokseumawe dengan terobosan-terobosan inovatif. Salah satunya pada mata pelajaran Fisika.

Pembelajaran Fisika di SMAN 7 Lhokseumawe selama masa pandemi menggunakan sistem virtual learning. Termasuk ketika harus melakukan praktikum. Pada materi titik berat misalnya, guru Fisika SMAN 7 Lhokseumawe, Jon Darmawan MPd mengajak siswa untuk melakukan praktikum jarak jauh. 

Mengingat SMAN 7 Lhokseumawe sudah berhasil mendeploy akun Microsoft Office 365, maka praktikum jarak jauh menggunakan kelas digital Microsoft Teams. Guru memberikan video praktikum sederhana tentang titik berat. Siswa diminta untuk mempelajari video tersebut. Jika ada yang belum jelas, siswa dapat bertanya melalui chat atau bahkan video conference yang tersedia di kelas Microsoft Teams.

Siswa mempersiapkan bahan praktikum sesuai dengan intruksi guru. Siswa melakukan praktikum di rumah masing-masing. Data hasil praktikum dikonsultasikan dengan guru melalui kelas digital Microsoft Teams. Guru membimbing analisis data siswa secara virtual.

Guru meminta siswa untuk membuat laporan praktikum. Beberapa siswa diminta untuk mempresentasikan hasil kerja selama praktikum dan analisis data secara virtual dalam kelas digital Microsoft Teams. Siswa mengupload laporan tersebut melalui menu Assignment kelas digital. 

Guru memeriksa laporan praktikum melalui kelas digital Teams. Jika terdapat laporan yang belum sempurna, guru dapat mengembalikan melalui perintah Return disertai umpan balik. Setelah diperbaiki sesuia umpan balik guru, laporan tersebut dikirim kembali kepada guru melalui kelas digital dengan cara klik Turn in back. Semua kegiatan berlangsung dalam ruang virtual Microsoft Teams.

Semua siswa dan guru SMAN 7 Lhoksuemawe memiliki akun Microsoft Office 365 sehingga tidak mengalami kendala ketika melakukan pembelajaran jarak jauh atau BDR. Bahkan guru serta siswa dapat memanfaatkan fasilitas Microsoft lain untuk pembelajaran seperti Sway, Microsoft Form, Onedrive, dan masih banyak fasilitas Microsoft dengan akses mudah dan gratis. (*)

Tidak ada komentar