Header Ads

test

OSIS SEBAGAI MEDIA LATIHAN KEPEMIMPINAN

 


SMAN7LSM.SCH.ID, Lhokseumawe, Keberadaan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di sekolah idealnya dapat bersinergi dengan dengan seluruh warga sekolah dalam rangka mewujudkan visi sekolah. OSIS bisa berjalan dengan baik sangat tergantung kepada Manajerial sekolah secara umum. Secara khusus manajemen OSIS itu sendiri. Top leader dalam kepengurusan OSIS sangat menentukan suksesnya program yang ingin dicapai. Visi dan misi pengurus OSIS harus sejalan dengan visi dan misi sekolah. Kepengurusan OSIS masih sangat kurang dari sentuhan upgrading dan pelatihan kepemimpinan. Tidak akan maksimal penyusunan program OSIS jika anggotanya belum diberikan pencerahan atau latihan dasar kepemimpinan. Saya sering mengatakan kepada mereka bahwa kekuatan sebuah organisasi ada pada legalitas dan kekompakan    anggota pengurus. Keharmonisan anggota terkecil saja bisa menghasilkan kekuatan secara organisatoris, semisal kompaknya Ketua, Sekretaris, dan Bendahara arah segitiga emas. Sebuah surat yang di teken Ketua dan Sekretaris bisa sebagai suara organisasi. Jadi kerja sama yang baik dan membangun timework yang solid itu tidak mudah, ini sangat dipengaruhi oleh seni dalam memimpin.

Harapan kepada pengurus OSIS yang baru, Organisasi salah satu media pengembangan diri dan sebagai alat untuk mencapai tujuan. Rumuskan lah program dan tujuan OSIS tahun 2022 sejalan dengan program sekolah. Organisasi bukan segalanya, tetapi hanyalah sebagai alat untuk mencapai tujuan. Jika kita beri urutan bahwa organisasi bagi siswa berada pada posisi ke tiga. Karena siswa yang baik itu siswa yang taat dalam beribadah dan berakhlak mulia, kedua siswa pintar di sekolah yang dibuktikan dengan sertifikat berbagai prestasi, dan siswa yang cakap dalam berorganisasi. Jangan dibalik organisasi menjadi no satu itu salah besar. Praktik baik dan kepribadian siswa indahnya menjadi karakter yang permanen bukan pemeran atau dilakoninya.

Komunikasi yang efektif dalam sebuah organisasi mutlak diperlukan. Jangan pernah berpikir bahwa kita lebih penting dari orang lain, maksudnya mulailah dari kita dulu jangan menunggu. Betapa banyak peluang yang hilang akibat komunikasi yang kurang baik. Apalagi kondisi hari ini informasi begitu cepat muncul dan hilang. Informasi harus dikelola dengan baik, jika tidak bisa menjadi korban dari hoax informasi.

Selamat menjalankan tugas pengurus OSIS yang baru.

 Motto: "SMA NEGERI 7 LHOKSEUMAWE BERSAMA KITA BISA"

  By: Ka.SMA N 7 Lhokseumawe

Drs. Mukhtaruddin, M. Pd

Tidak ada komentar